Disini saya sedikit membahas mengenai bagian bagian komputer dan cara kerjanya..
Komputer merupakan perangkat elektronik yang beroperasi
di bawah perintah pengendali yang disimpan di dalam memory dan diproses dan
menghasilkan sebuah informasi. Komputer juga dapat diartikan sebagai alat yang
dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Komputer pada umumnya
berbicara mengenai Monitor, CPU, Mouse dan Keyboard. Namun ada juga komputer
portable, yang biasanya disebut Laptop.
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer.
Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat
menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang
digambarkan untuk menilai kemampuan grafis.
Ada banyak cara untuk menggolongkan
monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat
kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Minitor dapat di bagi
menjadi 3 kelas, diantaranya :
§
Monochrome: Monitor Monokrom biasanya
menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna
tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
§
Gray-scale : Gray Scale monitor adalah
jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang
berbeda.
Color : Monitor Color
adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda.
Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut
dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan
Biru(Blue).
CPU atau Central
Processing Unit merupakan salah satu komponen utama dan
memegang peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. CPU bertugas
mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh.
Bagian CPU terdiri dari:
§
Unit kontrol bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi
sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya.
termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi
dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan
mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit
kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke
alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
§
Mengatur dan mengendalikan alat-alat
input dan output.
§
Mengambil instruksi-instruksi dari
memori utama.
§
Mengambil data dari memori utama (jika
diperlukan) untuk diproses.
§
Mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
§
Menyimpan hasil proses ke memori utama.
§
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai
kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau
instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di
gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan
selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di
otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat
diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang
mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan
perhitungan dan perbandingan logika.
§
ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi
aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di
sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari
dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing
memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan
semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi
program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.Tugas lain dari ALU
adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan
operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang
dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih
besar atau sama dengan (³ ).ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen
utama, yaitu
1.
arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani
pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan
2.
boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani
berbagai operasi logika.
CPU
Interconnections adalah
sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU,
unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan
dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.
FUNGSI CPU
Fungsi utama CPU adalah menjalankan
program-program yang disimpan di memori utama dengan cara mengambil
instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu persatu sesuai
dengan alur perintah. Pekerjaan ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu membaca
instruksi(fetch) dan melaksanakan instruksi tersebut (execute). Proses membaca dan melaksankan ini dilakukan
berulang-ulang sampai semua instruksi yang terdapat di memori utama dijalankan
atau komputer dimatikan. Proses ini dikenal juga sebagai siklus fetch-eksekusi.
Saat sebuah program dieksekusi, data
mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan
antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses
yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang
sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan
logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan
sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat
untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi
penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam
register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media
penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama
proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang
sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang
benar dan sesuai.
CARA KERJA CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan
ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui
Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di
Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).
Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan
mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction
Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung
di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari
Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di
Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah
arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan
berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila
hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil
pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika
pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil
pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu
selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke
output-devices.
Mouse adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke
komputer dan berupa sebuah perintah untuk menggerakan pointer pada komputer.
Keyboard adalah sebuah alat yang berguna
memasukan data ke komputer berupa short key, tulisan, huruf, angka maupun
simbol.
Cara mengelola informasi di dalam
komputer yaitu:
ØInput (Memasukan data)
Ø Process (Data diproses)
Ø Output (Data disampaikan)
Ø Storage (Penyimpanan)
Ø Communication (Komunikasi)
Perangkat Input adalah hardware yang
digunakan untuk memasukan data dan instruksi.
Perangkat Output adalah hardware yang
digunakan untuk menyampaikan informasi untuk satu atau lebih orang.
Sistem Unit adalah komponen elektronik
yang digunakan untuk memproses data.
Komponen utama dalam Motherboard yaitu
Memory, Processor, dan VGA.
Media penyimpanan di komputer dapat
melalu beberapa alat seperti, Hardisk, Flashdisk, Microchip, CD, DVD maupun
Disket.
Keunggulan Komputer adalah bisa untuk
menyimpan data, bisa menjadi sarana komunikasi, membuat pekerjaan lebih ringan
dan cepat.
Kelemahan Komputer adalah bisa membuat
pelanggaran privasi, bisa merusak kesehatan bila terlalu lama di depan
komputer, dan juga bisa dibuat untuk hal-hal negatif lainnya.
Dalam media komunikasi melalui komputer,
kita juga akan mengenal yang namanya Internet, yang digunakan untuk berbagi
informasi, software, aplikasi-aplikasi, maupun data-data tertentu, yang
nantinya bisa didapatkan oleh pengguna antar komputer.
World Wide Website (WWW) adalah halaman
yang biasanya digunakan sebagai jaringan untuk menghubungkan antar jutaan
bisnis, instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan individu.
Internet biasanya dipakai para
penggunanya untuk berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja online, akses
bank dan investasi, mencari hiburan, dan juga untuk mendownload data seperti
MP3, Movie, dll.
Komputer yang hebat adalah komputer yang
mempunyai program dan aplikasi yang terpadu, itu semua tidak lepas dari
penciptanya yang biasa disebut Programer.
Terima kasih telah membaca blog saya, semoga bermanfaat